jump to navigation

BINTANG APAKAH YANG PALING BESAR DI JAGAD RAYA ? 28 September 2010

Posted by 123bisnis80 in Luar Angkasa.
Tags: , , , ,
trackback

Untuk menjawab pertanyaan itu maka kita gunakan matahari sebagai skala. Dimana matahari merupakan bintang yang paling familiar dengan kita yang berjarak lebih kurang 150 km dari bumi.

Para astronomi menggunakan istilah jari-jari matahari dan massa matahari untuk membandingkan besar dan kecilnya suatu bintang. Jari-jari matahari adalah 690.000 km, dimana kita dapat memasukkan ke dalam matahari sebanyak 1 juta planet bumi (wow) dan massa matahari adalah 2 x 1030 kilogram, angka 2 diikuti nol sebanyak 30. 2.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 kg. luar biasa ! (Nyebutnya gimana ya..).

Satu bintang di galaksi kita yang memiliki ukuran besar adalah Eta Carinae, yang berjarak kira-kira 7.500 tahun cahaya dan memiliki massa 100 kali massa matahari. Cahayanya 1,4 juta kali lebih terang dari matahari. Eta Carinae kehilangan massanya 500 kali planet bumi setiap tahun, jadi bisa dibayangkan ukuran bintang tersebut. Karena ukuran yang besar dan kehilangan massa yang besar membuat para astronomi kesulitan untuk menghitung ukurannnya. Para ahli memperkirakan Eta Carinae memiliki radius 400  kali matahari (276.000.000 km) dan ukuran ini yang cukup akurat.

Tetapi itu bukan apa-apa. Bintang paling besar yang diketahui adalah VY Canis Majoris yang merupakan bintang Super Besar berwarna merah berada di Canis Major Constellation, berjarak kira-kira 5.000 tahun cahaya dari bumi. Profesor Universitas Minnesota  Roberta Humphreys memperkirakan bahwa bintang tersebut berukuran lebih dari 2.100 kali matahari dan jika ditempatkan di sistem tata surya maka permukaannya akan menyapu sampai ke orbit planet saturnus dan cahaya membutuhkan waktu sekitar 8 menit untuk keluar permukaannnya.

Itulah bintang-bintang terbesar yang kita tahu. Tetapi, di galaksi bima sakti tentunya memiliki lusinan bintang-bintang yang lebih besar, karena tertutup oleh gas dan debu sehingga sulit untuk melihatnya.

Kita balik lagi ke pertanyaanya. Bintang apa yang paling besar di jagad raya ? jelas saja tidak mungkin menjawabnya secara pasti. Karena jagad raya sangat luas dan kita tidak mungkin untuk mengunjungi setiap sudut jagad raya.

Tetapi berdasarkan ahli teori. Menurut Profesor Universitas Minnesota  Roberta Humphreys, peneliti yang menghitung usuran VY Canis Majoris, mengatakan bahwa bintang paling besar adalah yang paling dingin. Jadi meskipun Eta Carinae adalah bintang terang yang kita tahu memiliki suhu 25.000 K dan hanya memiliki radius 400 kali radius matahari.

Bintang paling besar akan memiliki suhu lebih dingin. Contoh VY Canis Majoris hanya 3.500 kelvin. Tentunya bintang super besar dengan 2.600 kali matahari memiliki suhu 3.000 kelvin. Bandingkan lagi dengan matahari yang memiliki suhu permukaan 6000 kelvin.

Jadi makin kecil ukuran bintang maka makin besar suhunya.

Pastinya  bintang paling besar masih ada di luar sana menunggu untuk ditemukan.

Yang membuat bintang itu pasti lebih besar dan Maha Kuasa.

 

Related Post :

1. TAU KAH ANDA JARAK PLANET-PLANET KE MATAHARI ?

2. 10 FAKTA MENARIK TENTANG MATAHARI

3. PLANET SUPER PANAS MIRIP KOMET

4. 10 FAKTA PALING MENARIK TENTANG BUMI

5. FAKTA MENARIK TENTANG MERKURIUS

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: